Klik tombol Untuk Pencarian...

5 Cara Untuk Memperpanjang Usia Baterai Laptop Anda

Jaman yang serba moderen ini bukanlah hal yang susah untuk mendapatkan alat-alat elektronik, salah satunya adalah Laptop. Dikalangan remaja ini hampir semuanya punya laptop untuk mempermudah pekerjaan, entah itu pekerjaan kantor, sekolah maupun pekerjaan di kampus untuk membuat Tugas Akhir atau Skripsi. Akan tetapi kebanyakan orang jarang sekali memanfaatkan laptop di gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat atau untuk merubah hidup lebih baik. Biasanya orang memanfaatkan laptop untuk main games dan nonton film, tanpa di sadari hal tersebut cuma membuang waktu dengan sia-sia saja.

Main games merupakan hal yang wajar sesorang di depan laptop tanpa di sadari bermain games juga memakan daya yang banyak terutama baterai pada laptop itu akan cepat habis, jalan satu-satunya biasanya sesorang menancapkan charger dengan terus menerus walapun baterai sudah keadaan penuh demi bermain games berjam-jam itu tadi. Kejadian itulah salah satu penyebab baterai laptop akan mengalami keborosan atau cepat habis. Walau demikian ada beberapa cara yang dihimpun dari pengalaman saya cara untuk memperpanjang usia baterai laptop. Berikut caranya: 

1. Hindari overcharging pada perangkat anda

Seperti yang dijelaskan di atas tadi walaupun main games seharusnya charger di lepas saat baterai sudah penuh, hal tersebut dibilang sangat mengganggu aktivitas saat main games harus pasang dan cabut charger berkali-kali rasa males pun timbul dan kebanyakan charger selalu menancap pada laptop walaupun baterainya sudah menunjukan penuh. Akan tetapi sebagian laptop sudah memiliki fitur canggih yaitu power management system. Fitur ini memang sudah disiapkan matang-matang oleh produsen untuk memaksimalkan penghematan energi dan daya baterai agar bisa tahan lama. Hanya saja tidak semua laptop, notebook, atau netbook memiliki fitur ini.

2. Minimalkan Pengaturan Kecerahan Layar

Meminimalkan kecerahan layar juga mempengaruhi keawetan baterai pada laptop. Dengan menurunkan level LCD brightnes ini, daya baterai akan lebih hemat. Tingkat brightnes rendah juga dapat mengurangi ketegangan pada mata sehingga mata tidak mudah lelah saat berhadapan di depan layar laptop.

3. Perhatikan cara melepas baterai

Melepas baterai juga harus di perhatikan dan jangan sembarangan melepas saja. Ikutilah buku panduan yang telah anda dapatkan berssamaan saat anda beli laptopnya. Melepas baterai dengan sembarangan walaupun kemungkinan kecil dapat merusak baterai dan daya tahan baterai menurun. Jangan sampai apalagi jatuh bisa-bisa komponen yang berada di dalam baterai akan rusak.

4. Istirahatkan Laptop dengan selayaknya

Laptop itu seperti manusia juga butuh istirahat, jangan biarkan laptop terpakai terus menerus walaupun laptop tidak di operasikan tetap di hidupkan itu juga akan mengurangagi daya baterai pada laptop. Jika itu harus dilakukan maka sebaiknya lepas baterai laptop akan tetapi sangan sekali-sekali melepas baterai laptop dalam keadaan hidup atau ON . Mungkin dengan cara mencabut baterai laptop ada kemungkinan akan terganggu saat listrik di tiba-tiba mati. Untuk cara yang lebih aman gunakan baterai dengan selayaknya jika sudah penuh dilepas dan saat akan habis baru dicharger kembali.

5. Jangan sampai baterai habis tanpa sisa 0%

Membiarkan baterai laptop sampai habis membuat kinerja baterai akan semakin lemah. Kalau cuma sekali atau dua kali kemungkinan tidak masalah, tetapi jika keterusan itu akan mengakibatkan masalah yang serius pada baterai. Disarankan kalau penggunaan laptop dalam waktu penuh diharapkan kalau mencharger dalam baterai menunjukan 30% atau setengah 50% agar tidak kebablasan laptop mati karena kehabisan baterai.

Dari penjelasan di ataas dapat di simpulkan bahwa merawat itu lebih baik dari pada memperbaiki, kadang memperbaiki juga akan membawa bencana sendiri. Jadi rawatlah laptop kamu seperti kamu merawat hubungan dengan pacar kamu. Semoga artikel cara untuk memperpanjang usia baterai laptop ini bermanfaat untuk kita semuanya.

Bagikan
Adzan
Adzan

Hi! ? Saya Adzan. Founder Lawumedia Indonesia dan Website Developer. Suka belajar hal baru dan menulis.

Tinggalkan Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang artikel ini *