Klik tombol Untuk Pencarian...

Manfaat Captcha Untuk Pembagunan Webiste

Pernahkah anda saat mengunjungi sebuah website diminta untuk menginputkan serangkaian huruf atau angka yang random, atau mungkin diminta untuk mencocokan gambar yang sama saat sebelum membuka sebuah laman website. Aktivitas ini sering sekali ditemui pada halaman form login atau registrasi pada sebuah website, Serangkaian huruf atau angka yang random maupun mencocokan gambar itu dikenal sebagai Captcha.

Setiap pengguna internet pastinya sering menjumpai captcha dan mereka diwajibkan untuk menginputkan walaupun sekilas terlihat mengganggu atau menyusahkan bagi pengunjung namun captcha memiliki banyak manfaat bagi situs webiste. Tetapi tidak semua orang menyadari tentang betapa relevan penggunaan captcha ini. Berikut pengertian dan fungsinya dari captcha.

Pengertian Captcha

Captcha yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart adalah fitur keamanan untuk memastikan apakah website diakses oleh manusia, bukan oleh sistem komputer, robot atau bot. Dengan begitu website Anda terhindar dari spam.

Dengan kata lain, Captcha adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun Gmail, Yahoo, Facebook ,Twitter, Youtube, kaskus dan berbagai macam website lainnya. Captcha juga hadir dalam beragam bentuk. Captcha yang paling sering muncul adalah serangkaian kode angka dan huruf dalam susunan kacau. Nantinya, Anda akan diminta untuk mengetikkan kode tersebut ke box yang telah disediakan. Bentuk lain kode captcha adalah gambar-gambar random dalam box kecil. Selanjutnya, Anda akan diberikan instruksi untuk memilih gambar-gambar tertentu.

Alasan kenapa adanya Captcha, Sebab robot pengirim spam tidak bisa membaca susunan huruf atau angka  pada captcha yang dipasang. Ketika robot spam gagal membaca captcha, robot spam tidak bisa mengakses laman website. Dengan begitu, captcha sukses menghentikan langkah robot untuk mengirim spam ke suatu website.

Nah, apa saja fungsi captcha sebagai penghambat spam ini untuk website Anda? Simak pembahasan selanjutnya ya

Fungsi Captcha untuk website Anda

Dengan memasang captcha di login form atau registrasi di website anda maka hal ini dapat menghalangi spam bot. Namun itu baru funsgi utamanya saja. Karena faktanya, fitur captcha ini masih memiliki banyak kegunaan lainnya. Berikut ini adalah fungsi captcha untuk website anda :

1. Melindungi Web dari Search Engine Bot

Captcha mampu mencegah search engine bot. Ya, kadang-kadang diinginkan untuk menjaga halaman Web unindexed untuk mencegah orang lain menemukan mereka dengan mudah. Ada kalanya seorang pemilik website tidak ingin websitenya ditemukan, dibaca, apalagi disusupi oleh pihak asing seperti bot. Sistem captcha akan memproteksi website Anda dari ketiga kemungkinan tersebut. Search engine bot sendiri biasanya dimiliki oleh perusahaan besar untuk melacak kinerja dari website-website lain.

2. Mencegah Komentar Berupa Spam di Website

Jika Anda memiliki website bisnis toko online atau portal berita, mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan komentar spam. Misalnya, komentar berisi promosi produk atau komentar dengan jumlah tinggi yang dikirim untuk menaikkan rating blog. Komentar spam semacam itu juga tak bisa Anda remehkan. Sebab komentar spam akan membuat pengunjung website risih dan akhirnya merusak reputasi website Anda. 

Tak hanya itu saja, mesin pencarian Google akan menetapkan website dengan komentar spam sebagai spam virus.  Hal ini bisa menyebabkan website Anda dihapus dari mesin pencarian Google. Nah, captcha dapat melindungi website Anda dari komentar spam tersebut. Sebab, sebelum robot spam mengirim komentar, robot tidak bisa membaca dan menyalin rangkaian huruf dan angka captcha.

3. Memproteksi Email dari Scrapper

Captcha juga bisa digunakan untuk melindungi e-mail Anda dari scrapper atau spammer. Kode captcha akan “menyembunyikan” email Anda dari software spamming sehingga tidak dapat diakses. Alamat email baru akan terbuka jika Anda bisa memasukkan kode captcha dengan tepat.

4. Mencegah Serangan kamus pada Website

Captcha juga bisa digunakan untuk mencegah serangan kamus dalam sistem sandi. Idenya sederhana, mencegah komputer untuk dapat iterate melalui seluruh ruang password dengan mengharuskan untuk memecahkan captcha  setelah beberapa kali login gagal. Ini lebih baik daripada pendekatan klasik mengunci account setelah urutan login berhasil, karena melakukannya memungkinkan penyerang untuk mengunci account. Wah sangat berguna sekali ya ternyata fungsi captcha yang satu ini!

5. Mencegah Registrasi Akun Palsu

Adanya captcha di website bisa melindungi form registrasi website Anda dari serangan akun palsu. Beberapa perusahaan seperti Yahoo, Microsoft dan sebagainya menawarkan layanan email gratis. Sampai beberapa tahun yang lalu, sebagian besar layanan ini menderita jenis serangan “bots” tertentu yang akan mendaftar untuk ribuan akun email setiap menit.

Satu-satunya Solusi untuk masalah ini adalah website harus menggunakan fitur captcha yang bisa mengkonfirmasi bahwa hanya dan cuma manusia yang dapat memperoleh akun gratis. Secara umum, layanan gratis harus dilindungi dengan captcha agar mencegah penyalahgunaan oleh berbagai skrip otomatis.

Nah, itu tadi adalah fungsi captcha untuk website Anda. Setelah ini, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu soal jenis-jenis captcha yang sesuai untuk website Anda. Apa saja? Simak pembahasan selanjutnya.

Jenis-Jenis Captcha untuk Webiste

Berikut ini adalah jenis-jenis CAPTCHA yang biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan website.

1. reCaptcha Google


reCaptcha merupakan sebuah captcha dari Google dimana captcha ini dianggap sangat sulit untuk ditembus oleh robot, tetapi sangat mudah digunakan oleh manusia. Sebab, reCaptcha Google memiliki dataset dan dokumentasi yang terbagi jadi dua versi, yaitu

  • Google reCaptcha v2, yaitu captcha yang menampilkan checkbox I’m not a robot” pada sebuah website. Captcha jenis ini merupakan opsi yang simpel. Sebab, captcha ini mengizinkan pengguna mengakses form tanpa menyalin rangkaian angka atau huruf. Mereka cukup mencentang checkbox untuk melakukan verifikasi keamanan.
  • Google reCaptcha v3 yang menyediakan verifikasi keamanan secara otomatis. Bagaimana cara kerjanya? Misalnya, Anda memiliki website toko online dengan traffic tinggi tetapi konversinya rendah. Lalu Anda ingin mengecek apakah traffic tinggi itu berasal dari pengunjung asli atau robot. Nantinya Google reCaptcha akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aktivitas pengunjung. Misalnya, memindai postingan pelanggan di halaman review. Jika terdeteksi sebagai aktivitas bot, captcha akan langsung menghapus postingan tersebut.

2. Picture Recognition Captcha


Picture recognition captcha adalah captcha yang menggunakan gambar untuk proses autentikasinya. captcha jenis gambar ini adalah versi pengembangan dari captcha jenis teks, dan memang ditujukan untuk menggantikan captcha teks. Dengan captcha ini, pengunjung website harus memilih bagian gambar atau foto yang sudah ditentukan, biasanya dengan instruksi mengklik foto yang sesuai.

3. Text Captcha


Text captcha adalah captcha yang berisi susunan huruf, angka, atau keduanya. Mungkin Anda sudah sering juga melihatnya. Captcha jenis ini mengharuskan pengunjung memasukkan rangkaian angka atau huruf yang ditampilkan. Terkadang ada kombinasi dari angka atau huruf. Captcha ini akan memudahkan pengguna website yang memiliki gangguan penglihatan. Namun, captcha ini memiliki banyak celah untuk dibobol oleh robot spam karena kemudahannya.

4. jQuery Slider Captcha


jQuery Slider captcha adalah jenis captcha dengan metode autentikasi yang berbentuk slider, pengunjung website diharuskan menggeser sebuah elemen di layar dengan menggunakan mouse untuk menyelesaikannya. Biasanya, kita hanya perlu untuk menggeser sebuah kotak dari kiri ke kanan untuk melakukan verifikasi keamanan.

5. Math Captcha